Sukses lolos beasiswa NFP


Pernah lihat logo nuffic neso di atas ???atau sudah familiar ya??

Bagi yang sudah akrab dengan logo tersebut, mungkin tulisan saya ini akan tidak berarti. Tapi bagi yang belum tahu, semoga sedikit cerita tentang pengalaman apply dan menikmati beasiswa dari negeri kincir angin itu, bisa memberi manfaat. Cekidot ya...^^

Perkenalan dengan si nuffic neso ini bermula saat saya mengikuti pelatihan IELTS sekitar bulan April 2009 di Pusat Bahasa Universitas Hassanudin, Makasar. Mbak Novi, sang representatif menjelaskannya dengan antusias. Namun, saat itu tidak ada keinginan dan bayangan mau ke negara nyaman itu. Jadi informasi menarik itu pun berlalu begitu saja. Dilupakan. Hingga sekitar bulan November 2009, saat saya berstatus mahasiswa semester 1 di Magister Bioteknologi ITB, untuk mengisi waktu luang-yang memang banyak luangnya- saya browsing scholarship 2010. Eh, muncullah tag Netherlands Fellowship Program (NFP) Master and Short Courses 2010.

Akhirnya setelah dibaca-baca, jadi tertarik untuk coba daftar salah satu short course-nya. Nah, karena saya pengajar di fakultas pendidikan tapi sedang mengambil master bioteknologi; maka saya jatuhkan pilihan untuk ikutan program kursus pendidikan dengan durasi waktu 2 minggu. Jadi urutan steps yang saya lakukan begini:

Pertama. Saya baca informasi lengkap tentang NFP ini, mulai dari requirements yang harus dipenuhi, how to apply, application deadlines and procedure. Dari beberapa syarat yang bisa kalian lihat detilnya di sini, yang perlu diperhatikan adalah mempunyai pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang yang bersesuaian dengan short course atau master yang akan diikuti dan mempunyai Letter of Acceptance (LoA) dari lembaga penyelanggara kursus/kuliah yang akan diikuti. nah jika sudah punya pengalaman kerja seperti yang diprasyaratkan, berarti lanjut ke tahap berikutnya. Oh ya, perhatikan due date-nya, karena akan berbeda untuk short course, master dan Ph.D.

Kedua. Memilih program belajar yang akan diikuti, kita bisa melihat daftar programnya di Studyfinder. Tiap program memiliki persyaratan yang berbeda-beda, terutama dalam hal kemampuan bahasa inggris. Untuk short course minimal score IELTS 5,5. Untuk master dan Ph.D bervariasi pada tiap universitas dan jurusan. Kalo yang belum punya IELTS ya silahkan dipersiapkan dulu. Kebetulan saya punya dan sedikit di atas syarat minimal, jadi aman lah...hehe...Trus apa TOEFL ITP tidak bisa?? Bisa kok, untuk TOEFL ITP score minimal 550. Berdasarkan pengalaman saya, persyaratan yang harus dipenuhi selain bahasa, mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan, melengkapi curriculum vitae dan menuliskan statement of motivation 1-2 lembar. Kebanyakan lembaga penyelenggara sudah menyediakan online register. 

Ketiga. Melakukan pendaftaran course dan beasiswa ke lembaga penyelanggara. Terjadi perubahan sistem pendaftaran per Agustus 2014. Sebelumnya, selain mendaftar di lembaga penyelenggara, kita juga harus mendaftar online untuk apply beasiswa NFPnya melalui SOL (Scholarship Online). Nah, sebelum mendaftar, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelumnya. Dokumen-dokumennya diantaranya adalah:
a. Paspor, bagi kalian yang memang senang traveling atau berburu beasiswa luar negeri, ga rugi lho bikin paspor duluan...kan waktu berlakunya 5 tahun, dengan biaya sekitar Rp. 260.000,-. Persyaratan bikin paspor bisa cek di sini.
b. Surat Keterangan dari atasan, yang isinya kurang lebih tentang alasan kenapa pimpinan merekomendasikan kita untuk ikut program tersebut, dan pernyataan bahwa kita akan tetap digaji dan bekerja kembali sepulang dari mengikuti program tersebut.
c. Riwayat Pengalaman Kerja
d. Rencana setalah selesai mengikuti program tersebut (jangka pendek dan panjang), dalam menuliskan rencana ini, sebaiknya tidak perlu lebay bin alay biar terlihat aduhai; tapi yang realistis.
e. Relevansi/manfaat program yang diikuti dengan tempat kerja
f. Relevansi/ manfaat program yang diikuti bagi negara
Selanjutnya, lembaga penyelenggara akan membalas via email.

Keempat. Setelah semua dokumen telah disiapkan, siap untuk cuus daftar online via SOL di link ini. Awalnya akan diminta untuk membuat user name dan pasword, untuk selanjutnya kita tinggal mengikuti panduan yang ada di halaman tersebut. Setelah mengisi lengkap dan upload dokumen, jangan lupa untuk men-submit-nya sebelum deadline-nya. Kita bisa memantau perkembangan status aplikasi kita melalui page ini juga, apakah eligible/not sampai accepeted/not. 
Update: langkah ke empat ini sudah ga ada ya guys...cek disini lebih jelasnya.

Kelima. Usaha kan sudah tuh, berarti tinggal banyak-banyakin doa...hehe...Pengumuman penerimaan sekitar 6 minggu setelah deadline. Beasiswa ini mengcover visa (biasanya sih gratis tapi kalo harus bayar maka akan di reimburse ketika tiba di sana), tiket PP Amsterdam-Indonesia (Jakarta/Surabaya/kota terdekat yang ada bandaranya) plus bagasinya, transportasi dan akomodasi selama di Belanda, makan, biaya kursus, biaya tambahan utk hidup sehari-hari.

Alhamdulillah, yang awalnya iseng coba-coba...saya berhasil lolos dua kali mendapatkan beasiswa NFP ini. Pertama di tahun 2010, dalam short course Competence Based Learning yang diselenggarakan oleh MDF Training & Concultancy di Ede-Wageningen. Berikutnya di tahun 2012, short course Curiculum and Assessment for Educational Innovation by CITO International yang dilaksanakan di dua kota,  Enschede dan Arnhem. Cerita lengkap tentang pengalaman di dua kursus tersebut akan saya tulis di next post :)

Oiya, yang paling penting dalam berburu beasiswa ini (beasiswa apapun sih...) adalah KEMAUAN dan KESABARAN, disamping kemampuan. Banyak memang yang punya KEMAMPUAN bagus dan super, tapi tidak banyak yang punya KEMAUAN  dan KESABARAN besar. Tidak banyak yang mau menyisihkan waktu untuk cari informasi, mengurus dokumen, mendaftar dan mengirim dokumen yang takes time and effort.

Bagi yang tertarik dan memerlukan contoh dokumen-dokumen saya, please feel free to contact me :)

Good luck, minna-san!! Semangat study abroad!!



239 comments:

  1. Haloo mba erliana, perkenalkan saya nisi..Saya berniat utk ikut short course jg di belanda dan udah dapat LoA nya, skrg saya mau mulai daftar buat NFP scholarship. Bisakah saya lihat cth dokumen2 utk motivation letter yg disyaratkan NFP serta employer statement nya mba? Makasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jg mba nisi, maaf banget telat balesnya. Masih berminatkah dgn dokumen2 itu? kalo msh, tl kasih alamat emailnya ya mba...

      Delete
    2. Assalamualaikum mba.. saya juga sangat berminta utk mengikuti short course in Netherland.. Boleh minta contoh dokumen2 nya juga mba? Email saya: deenaangelina@gmail.com. Makasih sebelumnya ya mba :)

      Delete
  2. Aku juga mau dong mbak contoh dokumennya... Boleh minta tolong dikirm ke emailku mbak? kadinakilli@gmail.com... makasih banyak mbak....sukses slalu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mba dian, silahkan di cek emailnya. Thanks.

      Delete
  3. Halo mba, salam kenal, aku boleh minta contoh dokumennya juga mba? kebetulan aku tertarik untuk mendaftar beasiswa short course tentang PLTMH di IHE. alamat email ku ade.edwar82@gmail.com. makasih banyak mba. semoga makin sukses ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ade, salam kenal juga :)
      Silahkan dicek emailnya, semoga bermanfaat dan good luck ya...

      Delete
  4. Selamat pagi bu,
    Salam kenal. Bolehkah saya juga dikirim contoh dokumennya? Saya juga akan mencoba mendaftar untuk NFP tahun ini. Ini e-mail saya evangelinehtbarat@gmail.com/eeng158@yahoo.com, Terimakasih banyak sebelumnya. Sukses selalu buat ibu. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum mba..
    Saya boleh minta contoh dokumennya mba? Dari dulu saya berminat untuk mengikuti program beasiswa Short Course, namun dikarenakan masih pemula, membuat saya bingung untuk melangkah. Ini email saya rinajebrina@gmail.com, Terima Kasih banyak sebelumnya. Semoga mba selalu sukses kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr.wb.
      Dengan senang hati sdh sy kirim ke email mba rina. Sukses jg buat mba :)

      Delete
  6. Mba tlg email ke saya yaa.. nisimahrita@yahoo.co.id , makasih banyak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nisi, monggo dilihat di emailnya...kembali kasih mba :)

      Delete
  7. Mba saya jg mohon bantuanya. Ini email saya jtoudazz@gmail.com trims Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sy kirim ke emailnya, silahkan dilihat mas J-Sin...

      Delete
  8. Assalamualikum mb Erlia
    Saya bisa minta contoh dokumen2nya mb? Alhamdulillah saya sudah dapat LoA, jadi sekarang waktunya untuk "berburu" beasiswa, tolong kirim ke m.annisarizky@gmail.com, terimakasih
    Sukses terus ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, wah selamat ya mb annisa...maaf banget baru baca komennya krn ga sempat buka blog. Saya sdh kirim ke emailnya, semoga msh bisa bermanfaat. Syukur2 kalo ternyata mbaknya sdh dpt beasiswanya.... ^^

      Delete
  9. Salam kenal mb erliaana..Saya tertarik untuk ikut Short course Competence Based LEarning..Untuk IELTS minimal brp y mba?dan apakah harus IELTS resmi?Sy juga mau ya mb dikirimi contoh dokumen Mba...ini alamaat email saya: isrianihard@gmail.com...Makasih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga @mamaghaniya, utk IELTS minimal 5.5, iya harus IELTS resmi. Untuk dokumen sdh sy kirim ke email mba...maaf banget baru balas...semoga sukses :)

      Delete
  10. Assalammualaikum Mba Erlia,

    Mba boleh saya dishare kan contoh dokumen2 mba, berikut alamat email saya

    dinar.rahmayani@yahoo.com dan/atau dinar.rahmayani@gmail.com

    kemudian bagaimana ya mba langkah untuk dapat memperoleh LOA itu, apakah mungkin mba ada contoh dokumen pengajuan nya mba?

    Mohon saran dan masukannya mba, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba dinar,
      contoh dokumen sdh sy emailkan. Utk bisa dpt LoA harus apply dulu ke institusinya mba. Form aplikasinya berbeda-beda utk tiap institusi/course. Mba bisa email ke contact personnya utk menanyakan prosedur apply-nya.
      Good luck ya mba ^^

      Delete
  11. Assalmualaikum
    Mba Erlia salam kenal. Mba saya tertarik untuk ikut short course Competency Based Learning, mohon di kirimkan contoh dokumen2 yang mba pakai ketika mendaftar
    Dan tolong di share juga Do n Don'ts semacam nasihat bagi saya ketika mendaftar.
    ini lamat email saya: rhianasz@yahoo.com

    Terimakasih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,

      Sy sdh kirim contoh dokumennya tapi saat sy apply Curriculum and Assessment, tp kurleb mirip kok... :)
      Utk tips-nya kayaknya ga ada yg spesial ya, sudah sy tulis semua diatas sih...hehe...
      jadi, semoga sukses ya mba :)

      Delete
  12. Assalmualaikum
    Mba Erlia salam kenal. Saya kayanya juga tertarik untuk ikut short course Competency Based Learning, mohon di kirimkan contoh dokumen2 yang dipakai untu mendaftar NFP
    alamat email saya: hidayat.bjm@gmail.com

    Terimakasih
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam...salam kenal juga, pak Hidayat. Silahkan di cek emailnya ya pak...salam sukses :)

      Delete
  13. Mbak Erlia..Saya juga mohon contoh dokumen-dokumennya.Ini alamat e-mail saya rikardkopa@gmail.com

    Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di cek emailnya mas rikardus...semoga sukses :)

      Delete
  14. Salam kenal Mba Erliana
    Jika berkenan mohon di share dokumen-dokumennya... dan boleh di share tips untuk dapat LoA dari univ untuk pendidikan Master... Terima kasih banyak Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga....
      Maaf, alamat emailnya?

      Delete
    2. oiya mbak alamat email saya anindita.sari@gmail.com
      terima kasih banyak mbak

      Delete
  15. Dear mba Erliana, salam kenal. Saya Yuni dari Bandung. Saya tertarik juga utk apply short course NFP. Mohon di share cara dpt LoA dari Universitas tempat short course dan contoh dokumen-dokumen yang harus di kirim. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Yuni, maaf telat dr yg dijanjikan....sdh sy kirim ya mba :)

      Delete
  16. Dear mbak Erliana, saya thiwi dr palembang.
    Dr dulu saya sangat tertarik unt mengikuti program shortcourse ke Belanda. Mohon dishare dokumen apa saja yang diperlukan ya mbak, ke email ini ya mbak thiwinur@yahoo.com

    Suwun mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba thiwi, sdh sy kirim ya ke emailnya. Silahkan di cek...semoga manfaat dan sukses ya :)

      Delete
  17. Assalamu'alaikum Mbak Erlia,

    Salam kenal Mbak, saya Anggita. Saya tertarik untuk ikut juga dan sudah dapat LoA. Mohon dikirim contoh motivation letter dan dokumen2nya ke email: anggita_ba@yahoo.com. Makasih ya Mbak.

    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mbak Anggita, salam kenal juga...dokumen sdh saya kirim ke email mbak. Semoga bermanfaat dan sukses buat mbak :)

      Delete
  18. Assalamualaikum mba erlia. Saya fanny. Salam kenal. Boleh saya minta contoh dokumen mba melalui ekha.yogafanny@gmail.com . sekalian ada bbrapa hal yag ingin ditanyakan trkait NFP. trimakasih banyak mba sharingnya. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba apa mas ya?? :D

      Contoh dokumen sdh sy kirim ke emailnya, dan silahkan jika ada yg ingin ditanyakan :)

      Delete
  19. Assalamualaikum mbak. Saya mau menanyakan mengenai surat dari tempat bekerja yang isinya tetap menerima gaji dan bekerja ketika selesai masa study. Apakah itu wajib mbak?
    Terimakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, iya surat itu wajib ada.
      Semoga sukses :)

      Delete
    2. Walaikumsalam...iya surat itu wajib.
      Sukses ya :)

      Delete
  20. Salam kenal Kak Erlia, saya tami Kak..
    Pertama, terima kasih untuk tips - tipsnya Kak, jadi makin tertarik ikut Kak. Kalau boleh tami bisa dikirimkan contoh berkas - berkas yang diperlukan Kak ke tammideka@gmail.com

    Terima kasih Kak Erlia, sukses selalu Kak!

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg, Tami ^^
      Contoh dokumennya sdh Erli kirim ya...sukses buat Tami :)

      Delete
  21. Assalamualaikum Mba Arlia, salam kenal

    Saya saat ini sedang mengambil S2 di UI dan juga sangat ingin mengapply short course NFP
    kalau boleh saya juga diemail motivation letter dan dokumen terkait juga ke sarahsagita@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Mba Sarah,
      Dokumen yg diminta sdh sy kirim...semoga bermanfaat dan sukses apply-nya ya :)

      Delete
  22. Selamat siang mba, kalau berkenan mohon di email motivation letter dan dokumen terkait beasiswa NFP ke email : efrialsilalahi89@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya. Salam hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang, mas efrial. Silahkan dicek emailnya :)
      Semoga sukses ya...

      Delete
  23. Assalamualaikum,
    salam kenal mbak Erlia.. saya boleh minta contoh berkas2 nya juga mbak? klo boleh, minta tolong dikirimin ke anggra.aragon@gmail.com mbaaak.. terimakasih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam dan salam kenal juga...
      Dokumen sdh sy kirim, silahkan dicek emailnya. Sukses ya :)

      Delete
  24. hallo mbak erlia salam kenal, kebetulan saya ingin apply beasiswa NFP ini. apakah bisa kirim contoh-contoh berkasnya mbak, sekalian ada beberapa pertanyaan mengenai beasiswa ini, mungkin mbak bisa kasih saran. ini email saya andrian.puspita@gmail.com

    terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba puspita :)
      Silahkan jika ada yg ditanyakan bisa via email juga. Contoh dokumen sudah sy kirim ya...salam sukses :)

      Delete
  25. salam kenal mbak erlia.. saya sangat berminat untuk apply beasiswa ini, apakah bisa saya minta dikirim contoh berkas-berkasnya? ini alamat email saya andarini.yusi@gmail.com

    Terima kasih banyak mbak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba yusi :)
      Sudah terkirim ke email ya dokumennya, semoga sukses :)

      Delete
  26. Dear Mba Erlia yg baik, salam kenal sy Meidy. Kebetulan sy sedang mau coba utk apply beasiswa NFP utk short course. Terima kasih ats share pengalaman dan jg jika berkenan utk share contoh berkas2 yg perlu disiapkan via email meidymaulia@hotmail.com.
    Terima kasih byk dan sukses selalu yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokumen sdh sy kirim ke email mba Meidy. Semoga sukses ya.... :)

      Delete
  27. Assalammualaikum...
    Mba erlia saya mau minta tolong hehehehe...
    Bisakah kirimkan contoh berkas2 wktu mba daftar beasiswa...
    Email saya: chyn2_chubby@yahoo.com

    Terimakasih banyak mba...
    Sukses selalu.aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba Chyntia...
      Permintaan tolongnya sdh sy penuhi...hehe...sila di cek emailnya :)

      Sukses jg utk mba chyntia :)

      Delete
  28. Salaam mbak, makasih sharing tulisannya. Oiya mbak, boleh mnta contoh berkas berkasnya?

    ni email saya: rahimahyuliafransiska@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaam jg mba rahima,
      contoh berkasnya sdh sy kirim ya.... :)

      Delete
  29. Assalammualaikum...
    Mba erlia saya mau minta tolong hehehehe...
    Bisakah kirimkan contoh berkas2 wktu mba daftar beasiswa...
    Email saya: chyn2_chubby@yahoo.com

    Terimakasih banyak mba...
    Sukses selalu.aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba chyntis...
      Permintaan tolongnya sdh dipenuhi...hehe...sila di cek emailnya ya...

      Sukses jg :)

      Delete
  30. Slmat siang kak erlia. kak, maaf saya ingin brtanya masalah studi ke belanda. saya mahsiswa semester 6 di universitas andalas. menurut kakak, apakah sebaiknya dari sekarang saya siapkan semua keprluan untuk beasiswa kak? lalu, sayaingin melanjutkan ke master degree, apakah kakak punyya rekomendasi beasisw apa saja yg bisa saya usahakan kak? jika sulit menemukan jwbamnya daini, noleh saya mnta kaka balas ke email kak? nurma_hanum07@yahoo.com
    terimakasih ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hanum,
      Tentu saja jika ingin lanjut master apalagi ke LN ya sebaiknya dipersiapkan asap. Terutama kemampuan bahasa yg dipersyaratkan oleh universitas (atau negara) yg akan dituju. Jika kemampuan bahasanya msh pas-pasan sih...tp kalo udah jago ya tinggal ambil tes bahasa utk dpt sertifikat IELTS/TOEFL IBT dll yg dipersyaratkan. Namun yg pasti syarat paling utama adalah kamu harus lulus S1 dulu, jd fokuslah utk bs lulus tepat waktu :)
      Utk beasiswa, banyak kok...salah satunya bisa LPDP, baca disini http://www.lpdp.depkeu.go.id/

      Delete
  31. Ass mba erliana saya melisa saya saat ini sedang kuliah di semester 3 dan juga bekerja di sebuah perusahaan swasta di jakarta say berencana ingin melanjutkan master saya di belanda mengingat banyak sekali beasiswa yang di tawarkan maka dari itu saya akan mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarng di mulai dari meningkatkan kapasitas saya untuk bisa lolos beasiswa...jika tidak keberetan bolehkan saya minta contoh berkas2 mba waktu melamar beasiswa ini email saya melisanezz@gmail.com

    terimakasih ya mba sebelumnya smoga mba dan keluarga diberikan kesehatan oleh allah swt amiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba melisa,
      Semoga impian melanjutkan master ke belanda-nya terwujud ya :)
      aamiin.

      Delete
  32. Kalo boleh, saya juga minta contoh dokumennya ya mba :)
    lya.hulliey@gmail.com

    ReplyDelete
  33. assalamualaikum.. siang mb Erliana.. sangat mnarik tulisan mb tentang study di Belanda.. mohon berkenan juga membagi dokumennya ke saya, mb.. email saya sriwahyuni.dr@gmail.com

    Tks banyaaaaaaak ..

    Sukses terus dan jadi amal jariah dengan berbagi ilmu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam bu dokter :)

      Trimakasih atas komentar dan doanya, bu...dokumen sdh sy kirim ke email. Monggo di cek. Sukses juga ya bu dokter :)

      Delete
  34. Halo mba erlina, salam kenal .
    Saya Novita Sari, apakah berkas motivation letter, dll mba bisa dishare ke saya melalui novitasari09@hotmail.com ?

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg mba novita :)
      Silahkan dicek emailnya ya mba...sukses ya :)

      Delete
  35. assalammualaikum

    mba, sharingnya bagus banget buat kita semangat, minta contoh2 dokumen nya yah mba.
    insyaAllah saya juga mau ikhtiar...terima kasih.
    kirim ke email yah mba maya.marliana@ymail.com atau maya.mariana2011@gmail.com.

    wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr.wb mba maya,
      Alhamdulillah jika bisa jd pembakar semangat :)
      Saya sdh kirim ke emailnya yg gmail ya mba....monggo dicek, dan semoga sukses :)

      Delete
  36. Assalamu 'alaikum Mbak Erlia yang baik.
    Tulisan yang runut dan sangat bermanfaat.
    Kebetulan istri saya dapat tawaran untuk mengikuti short course di Wageningen UR dari calon promotornya.
    Saat ini sedang mempersiapkan form dan dokumen yang diperlukan.
    Jika tidak keberatan, mohon kesediaan Mbak Erlia untuk share contoh form isian dan dokumen yang Mbak miliki ke email ini: achmad.sahri69@gmail.com.

    Atas kebaikan dan bantuan Mbak Erlia, saya sampaikan terima kasih banyak.

    Salam,
    Sahri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb mas Sahri,
      Wahh ke Wageningen ya, sayangnya saat apply yg ke wageningen itu online (tahun 2013) jd ga nyimpen dokumen2nya. Yang sy kirim ke email mas Sahri jg hampir mirip kok hanya saja itu dokumen thn 2012 (bkn ke wageningen). Semoga bermanfaat utk istrinya ya mas...salam ke istri semoga sukses.

      Delete
  37. Halo mbk, wah kebetulan skali sy thn lalu mencoba beasiswa nfp untuk program master tp ditolak hehe. Kalau boleh sy di share motivation letter dan dokumen lain boleh mbk? Spertinya punya sy masih lebay mbk, rencananya sy mau coba lg mbk Email sy betsy2908@gmail.com makasih y mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Joshepira, hehehe...mungkin thn lalu bbelum rejekinya, bukan waktu terbaiknya. Semoga tahun depan bisa terwujud ya....sdh sy kirim ke emailnya. Tetap semangat ya...ganbatte!!

      Delete
  38. mbak mau juga donk ke detrianams@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum, Mbak Erlia.
    Saya juga mau contoh berkas aplikasinya ya mbak. Udah lama ngincer Nuffic Neso nih.. hehe. Nuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam, emailnya apa mas?

      Delete
    2. Uppss... ketinggalan emailnya, maaf. hehe...
      di elclareano@gmail.com ya mbak. Nuwun.

      Delete
  40. Mba saya juga mau dong dokumennya, mukhlisaburniat@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Mba saya juga mau dong dokumennya, mukhlisaburniat@gmail.com

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum

    mb erli,,, sy sangat tertarik untuk ikut short course ini tp sy bl, pmya pengalaman sebelumnya .....san info2 yang di paparkan di atas makin tertarik untuk apply....tolong mb di share via email dokumenya yg bisa membantu pemula seperti saya, ini alamat email saya ayu.abidin@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mb Ayu,
      Semoga dokumen yg sy kirim bisa bermanfaat ya mba...salam sukses :)

      Delete
  43. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mbk..terimakasih atas postingannya, kalau boleh, mohon di share juga dokumen2 yang mbak bikin dlu ya..keren..bisa ikut sampai dua kali,..saya sendiri baru mau coba, mudah2n masih ada kesempatan..sekli lagi mohon di share ke yusmaliana.desfa@yahoo.co.id ya mbak...mkasi sebelumnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb,,
      Insya Allah banyak kesempatan, mba...apa mas ya? kayaknya mba ya...hehe
      Sdh sy kirim ke emailnya, mudah2an bermanfaat ya...ayo semangat mencoba :)

      Delete
  44. Assalamualaikum mb saya boleh minta doc nya? Saya ada rencana mengikuti program master. Mohon bantuannya. Ini email saya muslikhahn@gmail.com
    terimakasih mba semoga sukses. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb mb Muslikhah,
      Dokumen sdh terkirim ke email mba, meski itu dokumen utk short course tp moga2 bisa sedikit memberi gambaran ya mba...sukses jg utk mba :)

      Delete
  45. Assalamu alaikum mba..
    boleh gak sy juga minta contoh docnya mba
    emailnya asdiq.it77@gmail.com
    Thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb
      Boleh dan sdh sy kirim ya...

      Delete
  46. assalamualikum mbak, jika berkenan saya ingin minta contoh documennya ya mbak..alamat email saya nieynaaa@yahoo.com..
    jazakumullah khairan katsiran mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb mb Duhita,
      Contoh dokumen sdh sy kirim ke emailnya....barakallahu ya mba :)

      Delete
  47. Assalamualaikum mbak...
    Mohon maaf saya waktu lalu lupa menyertakan alamat email... apabila mba erlia berkenan mohon untuk share dokumennya ke email saya anindita.sari@gmail.com
    Trima kasih bnyk mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam...
      Sudah sy kirim ya mbak anin :)

      Delete
  48. Assalamu'alaikum wrwb..mbak sy sdh dapat LOA utk shortcourse dr KIT NL..sdg berjuang utk mendapatkan nfp...apakah boleh utk share dokumen mbak ke emaik sya : virshaia@yahoo.com trmksh byk mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mbak tessa...
      maaf banget baru respon :(
      dokumen sudah sy kirim ke email mbak, semoga msh bisa bermanfaat. Sukses ya mbak...

      Delete
  49. Assalamu'alaikum wrwb..mbak sy sdh dapat LOA utk shortcourse dr KIT NL..sdg berjuang utk mendapatkan nfp...apakah boleh utk share dokumen mbak ke emaik sya : virshaia@yahoo.com trmksh byk mbak...

    ReplyDelete
  50. Assalamu'alaikum wrwb..mbak sy sdh dapat LOA utk shortcourse dr KIT NL..sdg berjuang utk mendapatkan nfp...apakah boleh utk share dokumen mbak ke emaik sya : virshaia@yahoo.com trmksh byk mbak...

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum mbak, bolehkah sy meminta file dokumen via imel rc_kind@yahoo.com ..... trims sblmmya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam...silahkan cek emailnya ya mbak, gomen telat banget :(

      Delete
  52. Mohon bantuan juga ya mbak, kiranya bisa dishare juga sample dokumen pengajuan NFP'nya ke arifhartono.tono@gmail.com
    Terimakasih.....

    ReplyDelete
  53. Hari yang baik,

    Kami menawarkan pinjaman pribadi, komersial dan pribadi dengan tingkat bunga tahunan yang sangat rendah serendah 3% dalam satu tahun untuk periode pembayaran 50 tahun dan ke mana saja di dunia. Kami menawarkan pinjaman dari jumlah apapun.

    Pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. Apakah Anda kehilangan tidur di malam mengkhawatirkan bagaimana untuk mendapatkan pemberi pinjaman kredit legit? Apakah Anda menggigit kuku Anda untuk cepat? Alih-alih taruhan kuku Anda, hubungi Andrew Sylvester Pinjaman Perusahaan (Layanan Kredit) sekarang, spesialis yang membantu menghentikan pinjaman sejarah kredit yang buruk, untuk menemukan solusi bahwa kemenangan adalah misi kami.

    Mereka yang tertarik harus menghubungi saya melalui email:
    Nama dari kreditur: Mr. Sylvester
    Pemberi pinjaman E-mail: sylvesterloaninvestment@hotmail.com

    Salam,
    Mr Sylvester

    ReplyDelete
  54. Salam Mbak...

    Tolong dishare ke erwin.p096@gmail.com dong.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam jg mas erwin,
      silahkan cek emailnya ya...

      Delete
  55. Assalam, mba...
    Sy udah dapat LOA dari univ untuk shor course, dan selanjutnya mendaftar kembali di NFP, mohon dengan sangat mba bimbingannya. Dan mohon dengan sangat mengirimkan contoh2 dokumen mba:")
    Sy juga mohon bimbingan dan kontak mba untuk sy tanya2.. Mohon maaf mba kalau sy mengganggu.. Tapi sy sangat berterima kasih jika mba mau membantu:') wassalam:)

    ReplyDelete
  56. Asalamualaikum..

    Terima kasih, info di atas sangat membantu untuk mendaftar beasiswa NFP. Mohon juga untuk mengirim contoh berkas-berkasnya ke nengtika1419@yahoo.co.id
    matur nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mba eneng....

      Silahkan di cek emailnya nggih...

      Delete
  57. Assalamualaikum mbak.
    Terima kasih atas artikelnya, so inspiring.
    Kalau mbak berkenan, bolehkan sharing dokumen seperti contoh motivation letter mbak? Email saya shary_4ever15@yahoo.co.id
    Terima kasih mbak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mbak shasha,
      Sudah sy kirim ya mbak :)

      Delete
  58. Assalamualaikum Mbak Erlia.

    Saya Widhi, sekarang sedang mencari beasiswa untuk studi ke Belanda. Boleh saya minta contoh dokumen mba untuk disiapkan ke anang.gisser@gmail.com. Sekaligus beberapa pertanyaan nanti terkait dgn bsswa tsb. Jzakilah. Sukses selalu. Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mas anang,

      Contoh dokumen sdh saya kirim. Kalo ingin bertanya lebih detil, silahkan via email. Jazakillah khoir.

      Delete
  59. Dear mbak Erliana, saya Dani dari Sumedang.
    Saya sangat tertarik unt mengikuti program shortcourse ke Belanda. Mohon dishare dokumen apa saja yang diperlukan ya, ke email: dani_setiawan3112@yahoo.co.id. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Dani, contoh dokumen sdh sy kirim...semoga bisa bermanfaat. Dan semoga tdk berhenti di tertarik sj...tapi apply dan berangkat :)

      Delete
  60. Assalamualaikum
    Hallo mba Erlia.
    Saya salah satu scholarships hunter dan sejenisnya hehe. Mau lihat juga dong dokumen dokumennya bisa ya? Ke email saya: diana.diano93@gmail.com
    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb.
      Hai jg mba Diana...wahhh toss dah, saya juga gitu scholarship hunter hehe...dokumen sdh sy kirim ya. Semoga next commentnya "saya udah di Belanda lolos NFP" :)

      Delete
  61. halo mbak, sy nina, sy jg ingin lihat contoh dokumennya, kalau tdk keberatan bs dikirim ke adriyudo@yahoo.com, mkasih byk sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Nina, silahkan cek emailnya yaa...semoga manfaat, sukses ya :)

      Delete
  62. Hai..mbak Erlia.. Boleh sharing dokumen isian utk aplikasi fellowship shortcourse.. Alamat email saya happy.hamami@gmail.com

    Terimakasih
    Happy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Pinky :)
      Sudah sy share ke emailnya ya...semoga manfaat dan good luck :)

      Delete
  63. Assalamualaikum
    Salam kenal mbak Erliana, saya Irvan dari Pekalongan
    Saya sangat tertarik unt mengikuti program shortcourse ke Belanda. Mohon dishare dokumen apa saja yang diperlukan ya, ke email: vanigo23@gmail.com, Terima kasih banyak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb.
      Salam kenal juga mas Irvan,
      Jangan berhenti di tertarik saja yo mas, ayo lanjut apply dan insya Allah sukses :)
      Monggo di cek emailnya...

      Delete
  64. Mb saya juga tertarik untuk mengikuti progran tersebut,, email saya liatia2011@yahoo.com,, terima kasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...sdh sy kirim ya mb Lia...
      semoga bisa beneran apply dan lolos seleksi trus cuuus ke belanda ya mba.. :)

      Delete
  65. Assalam mba.. sya Malia, boleh minta copy data nya tidak? tolong kirim ke Missmalya88@gmail.com yaah. terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb mba Malia...contoh dokumen sdh meluncur ke emailnya, cekidot dan sukses yaaa :)

      Delete
  66. Assalamualaikum wr. wb
    hallo mbk erlia yg pintar dan baik hati. artikelnya sangat bagus dan sangat mengispirasi sya :). mohon izin mengamalkan ilmu dari mbk nya sekalian minta file2 dokumennya. siapa tau aj ketularan hoki seperti mbk erlia.. amiin :) email sya galihtegos@gmail.com . terimakasih banyak mbk,salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wrb mas Galih yang panadai memuji :)
      Contoh dokumennya sdh saya kirim ya, semoga bisa sukses nembus beasiswa NFP nya :)

      Delete
  67. subhanallah.. thanks for this thoughtful information. Saya cari-cari info yang berhubungan dengan beasiswa belanda (neso) dan akhirnya ketemu dengan blog mbak erlia. saya sangat tertarik ikut program short course nuffic neso atau stuned.. boleh tanya-tanya n minta motivation letter n prsyaratan lain yg mbak kirim ke nuffic neso?
    trima kasih sebanyak banyaknya.. jazakumullah mbak erlia

    ini alamat email saya
    ikamegawati.amri@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waiyyaki mba ika...
      Alhamdulillah kalau bisa membantu...silahkan di cek emailnya ya mba Ika, dan insya Allah dengan senang hati sy siap kalo mba ika mau nanya2 via email atau medsos yg lain :)

      Delete
  68. Assalamualaikum mbak.
    Kebetulan saya baru dapat konfirmasi diterima short course di WUR. Yg ingin saya mohon info dari Mbak, bagaimana suasana course disana, jam kuliahnya, dan materi apa yg harus disiapkan utk mengikutinya.
    Dan satu lagi, karena iklimnya berbeda, kira2 apa yg harus disiapkan utk hidup disana selama 2 minggu (pakaian, makanan dsb)

    Demikian, mohon pencerahannya.

    wassalamualaikum.

    Budi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb.,

      Selamat ya sdh diterima di WUR. Coursenya ttg apa ya? agriculture atau aquaculture? Suasana coursenya sangat berbeda dengan course2 pada umumnya disini. Peserta diinduksi utk aktif. Jam cousenya dari jam 8.00/9.00-16.30/17.00. Coursenya saat musim apa nih? summer apa autumn apa winter? Kalo summer ya pakainnya ga jauh beda dgn di indo. autumn tdk terlalu dingin cuma anginnya rada kenceng jd perlu jaket juga. Kalo winter selain coat, juga perlu disiapkan longjon, sarung tangan dan syal.
      Utk makanan, sebenarnya semua sudah disediakan disana, tapi perlu jg bawa makanan ringan atau makanan kering yg awet.

      Mungkin itu dulu ya...kalo mau lebih detil bisa lanjut via email...

      Delete
  69. Assalamualaikum mba Erlia,
    Bolehkah saya minta file dokumennya? Bisa dikirim ke email saya yutirsa@gmail.com. Semoga bantuannya bermanfaat dan menjadi amal jariyah ya mba.

    Terima kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb, mba...

      Sudah sy kirim ke emailnya ya mba. Semoga bermanfaat dan sukses ya mba...aamiin.

      Delete
  70. Assalamualaikum mbak
    Salam kenal dari aceh
    Saya ingin sekali mengikuti short course
    Tp bingung dengan syarat dokumen nya
    Saya sangat berterimakasih apabila mbak bersedia mengirimkan dokumen mbak ke saya. Terimakasih

    ReplyDelete
  71. Oya ini email saya mbak
    arief.aset@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mas arif,

      Salam kenal dari hiroshima :-)

      Contoh dokumen sdh sy kirim ya. Semoga bermaanfaat dan sukses!

      Delete
  72. Assalamu alaikum mba.. sya juga tertrik dengan program shortcourse, bolehkah sya minta file dokumenx ke husnulkhatimah916@gmail.com
    Terima kasih mba..

    ReplyDelete
  73. Assalamualaikum Mbak.. saya tertarik mengikuti program short course. Kalo berkenan boleh minta tolong diemailkan syarat2 dan contoh dokumennya ke email dewi_setyosari@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak Mbak.. Semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr wb mbak sari,

      Silahkan dicek emailnya ya...semoga bermanfaat dan sukses juga :)

      Delete
  74. Assalamualaikum Mbak.. saya tertarik mengikuti program short course. Kalo berkenan boleh minta tolong diemailkan syarat2 dan contoh dokumennya ke email ashree_kenyo@yahoo.com
    Terima kasih ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam... sudah sy kirim ya, cekidot. Good luck...

      Delete
  75. Assalamualaikum mbak Erlia,
    Saya Desi dan baru mendapat konfirmasi bahwa saya menerima beasiswa dr NFP untuk short course Monitoring, Evaluation and Learning. Lembaga penyelenggaranya sama seperti mb Erlia, yaitu MDF Training & Concultancy di Ede-Netherlands. Boleh sy dapat info dr mbak Erlia tentang pengalaman disana kemarin? Saya tunggu posting cerita di blog ini tentang pengalaman disana tp blm ada ya mb... Atau kalo mb tdk keberatan bisa minta tolong data-data buat persiapan keperluan disana ke email saya desi.khairani@yahoo.com
    Terima Kasih ya mbak.

    Wassalamualaikum wrwb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam wr. wb.

      Waahh selamat ya mb desi...
      Iya belum sempat nulis2 lagi, sibuk sama disertasi sih...hehe
      Ntar sy kirim via email ya.

      Delete
  76. dear mbak.
    SAya dapat undangan untuk ikut NFP master program. Saya udah dapat LOA di salah satu kampus di Belanda.
    Saya boleh lihat contoh dokumen essay yang mbak pernah buat. Untuk menjadi bahan refrensi saya. Terima kasi

    ReplyDelete
  77. (lanjutan)Email saya sipayungantonio@gmail.com mbak. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Antonio,
      wah selamat ya...ehmm, sy dulu ga ada buat essay. Sy sdh kirim dokumen2 sy, silahkan cek emailnya ya. Good luck :)

      Delete
  78. Halo mbak Erlia salam kenal. Boleh minta contoh motivation letter nya? Mohon di email ya ke: shemone_tea@yahoo.com
    Terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo jg mas budi, silahkan cek emailnya....semoga sukses.

      Delete
  79. hallo mbak terimakasih atas postingannya yangmenarik sekali, saya berencana untuk mendaftar shortcourse lewat cdi wageningen university dengan beasiswa nfp kalau boleh minta contoh dokumennya ke girirohmadbarokah@gmail.com terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Giri, terimakasih...contoh dokumennya sdh sy kirim ya, semoga sukses...

      Delete
  80. halo mba
    terima kasih tulisannya membuat saya jadi semakin termotivasi untuk mengikuti short course dengan beasiswa dari nfp.
    saya juga ingin dikirimkan motivation letter dan dokumen2 yang bisa saya jadikan referensi.
    ke fajuraasuri@gmail.com

    terima kasih banyak mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba fajra...terima kasih jg sdh mau baca :)
      Contoh dokumen sdh sy kirim ke emailnya, semoga sukses ya mba...

      Delete
  81. Mbak, thank you udah mau share, boleh minta contoh dokumennya mbak? ke kristanakrista@hotmail.com

    terima kasih.

    ReplyDelete
  82. Halo Mbak, saya sudah dapet LoA dari Belanda tapi karena penyelenggaraan ga cocok sama deadline Stuned, saya berencana apply NFP. Boleh minta dokumen yang dulu Mbak Erliana kirim? Terimakasih.

    Salam,
    Tiara
    tiaravani1712@gmail.com

    ReplyDelete
  83. Assalamu'alaikum mba,

    Saya Alhamdulillah sudah mendapatkan LOA unconditional dari WUR dan beberapa hari yang lalu dapat undangan untuk ikut program NFP, pas sekali saya membuka blog mba Erlin ini. Boleh saya dikirimikan juga contoh dokumen2nya mba ? ke email : afrita_jayati@yahoo.com.

    Terima kasih mba,

    Regards,
    Frita

    ReplyDelete
  84. Hallo mb erliana, salam kenal..

    Saya jg berniat untuk mengikuti short course NFP, jika mb berkenan untuk sharing dokumen-dokumen saat dulu mba apply. mohon dapat dikirim e email sy:
    muthiasyafikahaq.wok@gmail.com

    terima kasih ya mba,

    Regard
    Muthia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak...sy sudah kirim tp failed. Mungkin alamat emailnya keliru atau ada email lain kah?

      Delete
  85. Assalamu'alaikum Mba Erlia,

    Terima kasih banyak atas share pengalamannya. Semoga Mba Erlia juga berkenan untuk share contoh dokumen-dokumen yg perlu disiapkan via email: taniajozu@gmail.com.

    Terima kasih banyak & sukses selalu ya mba..

    ReplyDelete
  86. Halo Mba,
    saya minta juga dong di share dokumen nya :)
    berburu beasiswa jadi semangat setelah dapat LoA..hehe

    Thank you

    Rita Juliana (ritajuliana0710@hotmail.com)

    ReplyDelete
  87. Assalamualaikum Mbak Erlia,

    Terima kasih banyak untuk share pengalaman lengkapnya mendaftar NFP. Kalau berkenan saya juga minta contoh dokumen mbak waktu mendaftar NFP ya di alfiyana.yulia@gmail.com , semoga makin banyak orang yang mengikuti jejak mbak Erlia dan semoga setiap langkah mbak selalu dimudahkan olehNya...
    oya, untuk syarat pengalaman kerja, apakah mbak waktu mendaftar NFP pengalaman kerjanya lbh dari 3 th?

    Terima kasih banyak & sukses selalu ya mba..

    ReplyDelete
  88. Dear Mba Erlia,
    kenalin, saya Hariady, PNS di Dinas Sumber Daya Air Propinsi Sulawesi Tengah.

    Salut saya buat Mba Erlia, yg sudah dengan rendah hati mau share tentang NFP di blog ini. jujur mba, jarang sekali ada orang seperti anda yang rela dan ikhlas share pengalamannya. Terima kasih banyak mba sudah mau share, ini benar2 sangat membantu.

    Saya sudah mencoba mencari informasi buat MSc programme untuk Water Resources Management sejak tahun lalu, dan makin serius lagi waktu tahun lalu ada EHEF Fair di Jakarta, kebetulan pas ada perjalanan dinas, jadi sekalian ke EHEF dan bener2 membantu.

    anyway, puji syukur, akhirnya bulan kemaren sy dapat Admision Letter dari 2 universitas. Untuk Universitas Twente, kebetulan sy sekaligus di nominasikan untuk NFP langsung dari kampus tersebut, tetapi belum ada final decision sampai sekarang apakah saya akan dapat NFP atao ngga.

    nah, yang jadi kegalauan saya sekarang,...
    berdasarkan pengalaman Mba Erlia,
    1. bisa ngga kita tahu berapa jumlah pendaftar NFP dari Indonesia untuk tahun 2016 ini?
    2. seberapa besar kans pelamar seperti saya yang langsung diusulkan dari Universitas pemberi Admission, untuk nantinya benar2 mendapatkan NFP? karena sy sudah menanyakan hal tersebut ke bagian Student Admission di University of Twente, tetapi mereka menyuruh menunggu hingga awal bulan juni.

    sekali lagi, terima kasih mba Erlia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Hariady,

      Wah selamat ya sdh dapat LoA dari Univ. Twente. Untuk jumlah pendaftar dan kans lolos, kita memang tidak bisa tahu karena itu jadi kewenangan mereka. Jadi ya memang kita harus menunggu sampai waktu pengumuman.Ini jg salah satu tantangan bagi pemburu beasiswa kalo menurut sy...kesabaran mengikuti aturan main dan menanti hasil...hehehe...

      Tetap optimis dan banyak doa saja deh mas...:)
      Semoga hasilnya sesuai haraoan yaa...

      Delete
  89. selamat sore mbak erlia. terimakasih atas pengalaman yang dibagikan di sini. saya sangat terbantu. apakah saya boleh minta email mbak erlia? karena ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan langsung. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dengan senang hati...erlianarulita@gmail.com email sy :)

      Delete
  90. Mbak, makasih ya udah mau share, boleh minta contoh dokumen pnya mbak ga? hehe
    alamt email saya : trisatyabakara@gmail.com

    terima kasih.

    ReplyDelete
  91. Halo mbak Erlia.

    Saya berencana untuk mendaftar beasiswa NFP. Jika berkenan, mohon di-share dokumen mbak untuk referensi?

    Alamat email sy: jenna.karunia@gmail.com

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    ReplyDelete
  92. Hallo juga Mbak Erlia

    saya juga ada minat but daftar beasiswa NFP. Kalau boleh saya mau juga dishare contoh dokumen-dokumen apa yang disiapkan ke email addwi_cahyani@yahoo.com. Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  93. Hai mba Erlia,
    Saya berencana mendaftar beasiswa NFP. Jika berkenan saya juga mau dikirimi dokumen-dokumen mbak ke email saya : michan300404@yahoo.co.id. Terutama motivation statement-nya.
    Terima kasih sebelumnya dan sukses selalu ya mbak.

    ReplyDelete
  94. Assalamualaikum Mba Erlia,

    Salam kenal, nama saya Via. Terima kasih blognya Mba, sangat membantu pejuang beasiswa NFP. Semoga sharing ini jadi ladang amal Mba Erlia yang tidak putus yaa, amiinn.. :)

    Saat ini saya berencana untuk apply beasiswa short course NFP. Bolehkah minta untuk dikirim contoh dokumen-dokumen yang dikirimkan untuk aplikasi? Minta tolong untuk dikirim ke yulivia.rf@gmail.com.

    Terima kasih banyak, Mba Erlia :)

    Salam,
    Via

    ReplyDelete
  95. Hai mbak blognya sangat menginspirasi...
    Saya berencana mendaftar NFP. Kalo boleh saya juga mau mbak contoh dokumennya. Email : kariyono.atrbpn@gmail.com

    Terima Kasih Mbak :)
    Salam
    Kariyono

    ReplyDelete
  96. Assalamu'alaykum Wr Wb.

    Blognya inspiring banget mbak.. jika tidak keberatan, minta dicopykan data dokumennya ya mbak.. ke khoironstp@yahoo.com
    Terimakasih

    Salam,
    Khoiron

    ReplyDelete
  97. Assalamualaikum mbak erliana,,,blognya sangat informatif sekali,,,,bolehkan saya minta bantuan untuk copy dokumen shg saya punya contoh dalam melengkapi berkas?dan semoga bs spt mbak erliana
    Email saya
    nety.mawarda@gmail.com

    Trimakasih banyak mbak,,,,

    ReplyDelete
  98. Assalamualaikum mbak erliana,,,blognya sangat informatif sekali,,,,bolehkan saya minta bantuan untuk copy dokumen shg saya punya contoh dalam melengkapi berkas?dan semoga bs spt mbak erliana
    Email saya
    nety.mawarda@gmail.com

    Trimakasih banyak mbak,,,,

    ReplyDelete
  99. Assalamualaikum mbak erliana,,,blognya sangat informatif sekali,,,,bolehkan saya minta bantuan untuk copy dokumen shg saya punya contoh dalam melengkapi berkas?dan semoga bs spt mbak erliana
    Email saya
    nety.mawarda@gmail.com

    Trimakasih banyak mbak,,,,

    ReplyDelete
  100. Assalamualaikum mbak erliana,,,blognya sangat informatif sekali,,,,bolehkan saya minta bantuan untuk copy dokumen shg saya punya contoh dalam melengkapi berkas?dan semoga bs spt mbak erliana
    Email saya
    nety.mawarda@gmail.com

    Trimakasih banyak mbak,,,,

    ReplyDelete
  101. Hello mbak Erlina, salam kenal. Saya Octo, rencana mau lanjut s2 di Belanda. Sementara masih cari-cari info dan melengkapi persyaratn satu persatu untuk aply ke universitas. By the way, tidak mengurangi rasa hormatku, mohon kirimkan contoh2 dokumennya ke email saya di octhoviobarasco@yahoo.com
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  102. Mbak Erlia, Salam kenal!
    Saya jg tertarik u apply, mohon share contoh2 dokumen k marinibudiarti42@gmail.com. Terima kasih u mau berbagi ya mbak.

    ReplyDelete
  103. Mbak Erlia, Salam kenal!
    Saya jg tertarik u apply, mohon share contoh2 dokumen k marinibudiarti42@gmail.com. Terima kasih u mau berbagi ya mbak.

    ReplyDelete
  104. Halo Mbak Erlia..senanh sekali bisa ketemu blognya Mbak Erlia yang berbagi pengalaman tentang bagaimana mendaftar nfp.. Saya sangat tertarik untuk apply, bisakah dishare untuk contoh2 dokumennya ke email saya mtmaharini@yahoo.com Mbak? Terima kasih banyak sebelumnya Mbak Erlia

    ReplyDelete
  105. Salam kenal mba erliana.saya sangat tertarik untuk apply NFP.boleh dishare contoh2 dokumennya ke email saya riyastini@yahoo.co.id mbak? Terimakasih banyak.salam sukses and keep on inspiring others:)

    ReplyDelete
  106. salam mba erliana...saya mau banget dokumen mba...mau daftar tahun depan, boleh di share ke wtitin.2012@gmail.com...terima kasih banyak ya mbak. sukses selalu buat mba

    ReplyDelete
  107. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  108. Malam mba Erlia, baru saja mampir dan tertarik untuk mengikuti short course nya, dengan hormat boleh di share kan mba dokumennya ke alvinarucita50@gmail.com
    terimakasih
    salam sukses mba :)

    ReplyDelete
  109. Terima kasih atas cerita inspiratifnya mbak erlia, sy boleh dkirimkan juga mbak contoh dokumennya, berhubung sy sekarang lagi mengajukan beasiswa ke NFP.. emailnya ini mbak y : frederich02@yahoo.co.id. thanks

    ReplyDelete
  110. Hello mba, trimksh sdh share infonya, bisaa minta tlg untuk di share document lengkpny k email sy: hindriyas_tuti@yahoo.com

    trimakasih banyk

    ReplyDelete
  111. Mba, jika berkenan sy mau juga contoh dokumennt nya ya. Terima kasih banyak mba.
    email sy : myra.mentari@yahoo.com

    ReplyDelete
  112. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  113. Assalamualaikum mba... boleh share contoh2 dokumennya?? Saat ini sy sdg mngajukan beasiswa NFP. Masih mencari tau bagaimana membuat employer statement.email sy angriani_nina@yahoo.com. makasih mbaa...

    ReplyDelete
  114. Assalamualaikum mba... boleh share contoh2 dokumennya?? Saat ini sy sdg mngajukan beasiswa NFP. Masih mencari tau bagaimana membuat employer statement.email sy angriani_nina@yahoo.com. makasih mbaa...

    ReplyDelete
  115. Assalamualaikum mba... boleh share contoh2 dokumennya?? Saat ini sy sdg mngajukan beasiswa NFP. Masih mencari tau bagaimana membuat employer statement.email sy angriani_nina@yahoo.com. makasih mbaa...

    ReplyDelete
  116. Halo mbak.. boleh saya minta alamat emailnya? saya ingin berbincang-bincang tentang pengalamannya mengambil beasiswa short course saat tahun pertama magister di ITB. Kebetulan saat ini saya juga baru akan masuk Magister Teknik Fisika ITB dan memang berencana akan mendaftar short course saat kuliah karena katanya memang menganggur sekali, hehe.. Terima kasih banyak mbak... sangat bermanfaat informasinya..

    Randy Frans Fela
    +6287739122231
    randyrff@gmail.com

    ReplyDelete
  117. Hallo mba Erliana,
    saya ingin mendaftar salah satu program short course di NL. boleh share documentnya ke email saya abadi.barus@mail.ugm.ac.id?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  118. Hallo mba Erliana,
    saya ingin mendaftar salah satu program short course di NL. boleh share documentnya ke email saya abadi.barus@mail.ugm.ac.id?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  119. Selamat siang Mbak Erliana,

    Terima kasih atas tulisannya yang menginspirasi dan menjelaskan step pendaftaran secara detil. Apakah saya bisa melihat contoh dokumen yang diunggah dengan mengirimkannya ke email saya : dianbeetari@gmail.com

    terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete